Dalam rangka menyambut ujian nasional jenjang Sekolah Menengah Pertama tahun 2018 nanti, PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN mengeluarkan Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama 2017.
Panduan ini dibutuhkan sanggup membantu guru dalam menciptakan soal UN dengan kualitas yang baik. Buku panduan ini secara lengkap mengulas mengenai tahapan penulisan soal (penyusunan kisi-kisi, penulisan soal, review dan revisi, perakitan soal, analisis kuantitatif dan seleksi soal).
Penyusunan Kisi-Kisi
Penyusunan Kisi-Kisi
Pengertian kisi-kisi Kisi-kisi ialah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang sanggup dijadikan anutan untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun menurut tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal memakai satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan bahan yang ditanyakan.
Panduan ini juga dilengkapi dengan tabel berikut disajikan dimensi proses kognitif dan kata kerja operasional yang sanggup dipakai untuk merumuskan indikator menurut taksonomi Bloom yang telah direvisi. Dimensi proses kognitif ini dikelompokkan ke dalam tiga level kognitif, yaitu:
Level 1: mengingat (C1) dan memahami (C2),
Level 2: mengaplikasikan (C3),
Level 3: menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6)
Panduan ini juga dilengkapi dengan tabel berikut disajikan dimensi proses kognitif dan kata kerja operasional yang sanggup dipakai untuk merumuskan indikator menurut taksonomi Bloom yang telah direvisi. Dimensi proses kognitif ini dikelompokkan ke dalam tiga level kognitif, yaitu:
Level 1: mengingat (C1) dan memahami (C2),
Level 2: mengaplikasikan (C3),
Level 3: menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6)
Penulisan Soal
Tes tertulis merupakan kumpulan soal-soal yang diberikan kepada penerima bimbing dalam bentuk tulisan. Dalam menjawab soal, penerima bimbing tidak selalu harus merespon dalam bentuk tulisan, tetapi juga sanggup dilakukan dalam bentuk lain, menyerupai memberi tanda, mewarnai, menggambar. Soal-soal pada tes tertulis sanggup diklasifikasikan menjadi dua, yaitu soal dengan menentukan tanggapan yang sudah disediakan (bentuk soal pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan) dan soal dengan menawarkan tanggapan secara tertulis (bentuk soal isian, tanggapan singkat, dan uraian). Dalam penyusunan soal tes tertulis, penulis soal harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan soal dari segi materi, konstruksi, dan bahasa.
Penulisan soal dalam panduan ini meliputi
Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda, Teknik Penulisan Soal Uraian dan Penulisan Soal Berpikir Tingkat Tinggi (higher order thinking skill atau HOTS)
Berikut merupakan Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama 2017.
Download Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama 2017
Berikut merupakan Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama 2017.
Download Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama 2017
Share This :
comment 0 comments
more_vert