Iklan

Cara Gampang Menciptakan Daftar Isi Otomatis Di Word

Cara Gampang Menciptakan Daftar Isi Otomatis Di Word
Ketika menciptakan sebuah laporan, misalkan laporan penelitian daftar isi merupakan hal yang wajib dicantumkan. Tujuannya ialah mempermudah orang yang membaca laporan kita untuk menemukan gosip dengan cepat.

Biasanya orang yang menciptakan laporan akan menciptakan daftar isi sesudah laporannya selesai. Ini tentu akan sangat merepotkan jikalau dibentuk secara manual. Apalagi laporan yang dikerjakan mempunyai jumlah halaman yang banyak.

Jika bekerja di microsoft office word, hal ini tidak perlu dilakukan. Word sendiri telah menyediakan fitur untuk menciptakan daftar isi otomatis. Berikut ini saya akan jelaskan bagaimana cara menciptakan daftar isi otomatis di Word dengan sangat mudah.

Kalau di perhatikan di ribbon tabs word, ada yang namanya sajian Heading. Menu ini dapat kita temukan di Home. Perhatikan gambar berikut ini!

Membuat Heading di Word


 misalkan laporan penelitian daftar isi merupakan hal yang wajib dicantumkan Cara Praktis Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Pada cuilan yang diberikan tanda merah ialah daerah kita akan menciptakan Heading. Namun, saya akan jelaskan sedikit masing-masing bagian.
  1. Normal biasanya dipakai untuk mengetik. Secara default, posisi normal merupakan pengaturan ketika kita mengetik di word. 
  2. No spacing. Ini dipakai untuk menciptakan ketikan kita menjadi tanpa spasi. 
  3. Heading 1. Pada umumnya heading 1 dipakai untuk judul bab. Misalkan BAB I PENDAHULUAN. Maka sebelum mengetik BAB I PENDAHULUAN kita klik dulu Heading 1. Kemudian dilanjutkan dengan mengetik BAB I PENDAHULUAN. Secara otomatis, goresan pena tersebut akan berwarna biru, dan font goresan pena akan menjelma Calibri Light dengan ukuran 16 px. Tapi jangan kahwatir, font dan ukuran goresan pena dapat diubah kemudian.
  4. Heading 2. Pada umumnya heading 2 dipakai untuk sub judul. Misalkan, dalam laporan Heading 1 BAB I PENDAHULUAN, Maka Heading 2 kita gunakan untuk 1. 1 Latar Belakang, 1.2 Rumusan Masalah, 1.3 Tujuan Penelitian, 1.4 Manfaat Penelitian dan sebagainya.
  5. Heading 3 dipakai jikalau dalam sub judul kita akan menciptakan bagian-bagian lagi. Misalkan heading 1 (BAB II KAJIAN TEORI), Heading 2 (2.1 Pendekatan Contekstual), Heading 3 (2.1.1 Pengertian Pendekatan Kontekstual, 2.1.2 Ciri-Ciri Pendekatan Kontekstual, 2.13 dan seterusnya)
Untuk lebih terang perhatikan gambar berikut.
 misalkan laporan penelitian daftar isi merupakan hal yang wajib dicantumkan Cara Praktis Membuat Daftar Isi Otomatis di Word
Jika dilihat, font tulisan, warna dan spasi tentu tidak sesuai dengan laporan kita. Misalkan laporan kita diminta dengan abjad times new roman, font 12 dan spasi 1,5. Namun kita dapat mengubah tampilan dari Heading tersebut. Caranya ialah blok pada heading, kemudia pilih font, ukuran font dan spasi. Perhatikan gambar berikut.

 misalkan laporan penelitian daftar isi merupakan hal yang wajib dicantumkan Cara Praktis Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Keterangan:
  1. Tulisan di blok
  2. Mengganti jenis dan ukuran font
  3. Mengganti warna font
  4. Mengatur spasi tulisan.
Lakukan hal yang sama untuk seluruh laporan.

Membuat Daftar Isi Otomati Di Word

Untuk memunculkan daftar isi ini, silakan menuju ke halaman daerah menciptakan daftar isi. Pada halaman tersebut silakan ikuti langkah berikut ini.

Langkah 1
Buka sajian reference pada ribbon tabs

Langkah 2
Klik table of content

Langkah 3
Pilih automatic table 1
Perhatikan gambar berikut!

 misalkan laporan penelitian daftar isi merupakan hal yang wajib dicantumkan Cara Praktis Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Langkah 4
Tabel otomatis kita sudah selesai. Silakan di hapus goresan pena content, kemudia diatur jenis font, ukuran font, dan spasi.

Demikianlah cara gampang menciptakan daftar isi otomatis di word. Semoga bermanfaat.

Share This :