Iklan

Benarkah Pembiasaan Bunglon Disebut Memikri?

Benarkah Pembiasaan Bunglon Disebut Memikri?
 sering kita temukan pernyataan bahwa perubahan warna kulit bunglon sesuai dengan lingkung Benarkah penyesuaian bunglon disebut memikri?


Dalam buku didik IPA sekolah dasar, sering kita temukan pernyataan bahwa perubahan warna kulit bunglon sesuai dengan lingkungannya disebut dengan mimikri. Namun apakah pernyataan itu benar? Untuk mengetahui jawabannya bacalah uraian berikut ini.

Dalam wikipidia dijelaskan bahwa mimikri merupakan proses evolusi yang terjadi pada spesies yang mirip spesies lainnya. Contohnya yaitu lalat bunga yang tidak mempunyai sengat melaksanakan proses mimikri mirip tawon untuk menakuti musuhnya.

Dalam  scienceline.ucsb.edu disebutkan bahwa mimikri dilakukan oleh binatang untuk terlihat jelas, tidak menarik atau menakuti predatornya. Contohnya kupu-kupu Monarch dan kupu-kupu Viceroy. Kupu-kupu Viceroy merupakan kupu-kupu yang tidak beracun. Oleh lantaran itu, ia mirip kupu-kupu Monarch yang beracun. Hal ini mengakibatkan predator tidak memangsanya.


Dari klarifikasi tersebut, sanggup disimpulkan apa yang dilakukan oleh bunglon bukan merupakan referensi dari mimikri. Hal ini disebabkan lantaran bunglon mengubah warna kulitnya dengan tujuan biar tidak terlihat oleh predatornya. Peristiwa ini disebut dengan kamuflase.
Share This :