PPPPTK Matematika kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasioanal Inovasi Pembelajaran (ONIP) tahun 2017.
Tema
Pengembangan penemuan pembelajaran matematika untuk mewujudkan abjad guru pembelajar
Tujuan
- Menggali ide/gagasan dan mengimplementasikan penemuan media pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran matematika dalam rangka menyiapkan generasi yang mempunyai kompetensi periode 21.
- Menyediakan wahana bagi guru dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan.
Sasaran
Peserta Guru Kelas SD atau Guru Matematika SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan atau yang sederajat di Indonesia. Ruang Lingkup Produk Inovasi
Produk yang dilombakan sanggup berupa
- multimedia pembelajaran berbasis TIK (Komputer/Handphone/Kalkulator)
- alat peraga matematika
- keterampilan berguru dan berinovasi, ialah keterampilan berkreasi dan berinovasi, berpikir kritis dan menyelesaikanmasalah, berkomunikasi dan berkolaborasi.
- keterampilan teknologi gosip dan media, ialah literasi informasi, literasi media, dan literasi ICT.
- keterampilan hidup dan karir, ialah kemampuan untuk bersikap fleksibel dan beradaptasi, inisiatif danmengarahkan diri sendiri, keterampilan sosial dan antar budaya, akuntabel dan produktif, kepemimpinan dan tanggung jawab.
Bentuk produk penemuan meliputi:
Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis TIK.
Produk multimedia pembelajaran berbasis TIK sanggup berupa media bantu mengajar di kelas atau media berguru mandiri. Untuk produk media bantu mengajar di kelas (misal materi tayang PowerPoint, atau media interaktif menyerupai GeoGebra, dan lain-lain) wajib menyertakan:
- RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan memakai produk penemuan tersebut.
- Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa memakai multimedia tersebut.
Untuk produk berupa media berguru sanggup bangkit diatas kaki sendiri wajib menyertakan:
- Panduan penggunaan media berguru sanggup bangkit diatas kaki sendiri yang divideokan (dapat memakai screencast atau lainnya).
- Penugasan/project yang diberikan pada siswa untuk mengukur pencapaian yang diperoleh melalui proses berguru sanggup bangkit diatas kaki sendiri yang dilakukan memakai media tersebut. Kelengkapan project siswa harus tercantum dengan terang (penjelasan project, lembar kerja siswa, rubrik evaluasi project, dan lain-lain). Contoh : Pengembangan Media PIPEDI (Pita Pecahan Dinamis) memakai GeoGebra
Pengembangan alat peraga matematika Produk alat peraga matematika sanggup berupa produk orisinal atau modifikasi dari alat peraga yang pernah dikembangkan sebelumnya. Produk alat peraga matematika wajib menyertakan:
- RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan memakai produk penemuan tersebut.
- Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa dalam memakai alat peraga matematika tersebut. Contoh : Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Debit Air Bagi Siswa SD
- Asli, belum pernah memenangkan lomba/kompetisi sejenis di tingkat kabupaten/kota, regional nasional atau internasional.
- Inovatif, hasil pengembangan dari yang belum ada atau modifikasi (jika berupa modifikasi wajib menuliskan pada laporan terkait bentuk modifikasi dan urgensi modifikasi, serta dari mana asal produk orisinil sebagai dasar pengembangan).
- Materi/isi merupakan materi pembelajaran matematika yang diajarkan di sekolah, namun untuk kepentingan simulasi tidak harus menyesuaikan dengan semester pelaksanaan.
- Merupakan hasil karya individu.
- Karya dibentuk dalam 2 tahun terakhir.
- Satu akseptor hanya diijinkan mengirimkan satu produk.
Kelengkapan Pengiriman
- Produk Lomba Produk Inovasi beserta seluruh komponennya (dapat dibaca pada bab ruang lingkup produk inovasi)
- File/printout naskah laporan (format terlampir)
- File biodata akseptor (format terlampir) File hasil scan/print out ijin Kepala Sekolah (format terlampir)
- File hasil scan/print out surat pernyataan keaslian produk (format terlampir)
- File poster produk (dapat dibentuk memakai software pengolah kata misal Office, atau software apapun) yang memuat foto dan profil singkat pengembang, foto/capture screen produk inovasi, dan tagline (kalimat) singkat perihal produk.
Kelengkapan produk sanggup dikirim melalui pos dalam bentuk CD/DVD/Flash disk dan dokumen hardcopy ke Panitia ONIP d.a. PPPPTK Matematika Jl. Kaliurang KM 6 Condongcatur, Depok, Sleman, DIY, Kodepos 55283 ; atau berupa file melalui email onip@p4tkmatematika.org. Seluruh kelengkapan biar dijadikan dalam bentuk satu file .zip/.rar dan diemail dengan subjek email NAMA_INSTANSI_NAMAPRODUK. Apabila ukuran file melebihi batas maksimal pengiriman email, sanggup memanfaatkan akomodasi cloud storage (OneDrive, GoogleDrive, Dropbox, atau lainnya) kemudian membagikan link file melalui alamat email di atas. Untuk pengiriman melalui pos, akseptor tetap diwajibkan mengirim kelengkapan nomor 2, 3, 5 dan 6 melalui email.
Khusus untuk produk penemuan alat peraga matematika, untuk kepentingan desk evaluation tidak perlu mengirimkan alat peraga matematika, namun dalam kelengkapan produk harus terdapat foto detail bentuk fisik alat peraga /video klarifikasi perihal alat.
Alur Penilaian
- Pengiriman Produk dan Seleksi Awal (paling lambat diterima panitia 6 Oktober 2017)
- Desk Evaluation Produk Inovasi (9-19 Oktober 2017)
- Pengumuman 35 Peserta Workshop Penilaian Final (20 Oktober 2017)
- Workshop Penilaian Final (30 Oktober – 3 November 2017, tentative)
Contact Person
http://onip.p4tkmatematika.org
fb.com/groups/onip.matematika
Umi Rohmiyatun 085228020686
Cahyo Sasongko (HP. 081392558852)
Share This :
comment 0 comments
more_vert