Iklan

Mengenal Tes Talenta Dan Minat Pretest Ppg Guru 2017

Mengenal Tes Talenta Dan Minat Pretest Ppg Guru 2017
Dalam pretest PPG Guru 2017, penerima diwajibkan mengerjakan empat jenis tes. Tes tersebut mencakup Tes Potensi Akademik, Pedagogik, Profesional dan Tes Minat dan Bakat. Untuk Tes Potensi Akademik, sudah saya bahas dalam postingan sebelumnya (baca : Soal Tes Potensi Akdemik Pretest PPG Guru Tahun 2017). Kompetensi Pedagogik dan Porfesional bisa dipelajari melalui membaca kisi-kisi Pretest PPG Guru 2017 (baca : Kisi-Kisi Pretest PPG Guru Tahun 2017 Lengkap) dan mencoba soal-soalnya pada postingan sebelumnya (baca : Soal Pretest PPG Guru Tahun 2017). Dalam kesempatan ini, saya akan membahas perihal tes minat dan talenta Pretest PPG Guru Tahun 2017.
 penerima diwajibkan mengerjakan empat jenis tes Mengenal Tes Bakat dan Minat Pretest PPG Guru 2017

Tes Bakat ialah tes yang mengukur/mengetahui potensi-kemampuan dasar individu yang berkhasiat untuk prediksi atau treatment.

Contoh dari soal Tes Bakat dan Minat Pretest PPG Guru 2017

TIMUR : SELATAN : TENGGARA : ...
  • barat : uatara : barat daya
  • selatan : barat : barat daya
  • pasti : mustahil : mungkin 
  • jelas : niscaya : tidak mungkin 
  • timur : barat : utara 
SAYA : ANDA : KITA : …..
  • anda : ia : mereka 
  • kami : ia : mereka 
  • dia : ia : kami 
  • sirup : minuman 
  • jeruk : air manis 
JARANG : KADANG-KADANG : SERING : ….. 
  • tidak : mau : sama sekali 
  • sedikit : banyak : ratusan 
  • wajar : yummy : nikmat 
  • dahan : ranting : daun 
  • buruk : elok : berseri 
SELAMAT : BAHAYA : HATI-HATI : ……. 
  • Pernagi : kebiuasaan : nasehat 
  • Berhasil :soal : tekun 
  • Rajin : malas : berlatih 
  • Ramah : musuh : benci 
  • Gagal : ujian : bodoh
TES MINAT ialah Tes untuk mengukur kecendrungan kesenangan/keinginan/hasrat individu terhadap sesuatu hal.

Contoh Tes Minat Pretest PPG Guru 2017
Ada 14 nomor yang berisi pekerjaan atau acara tertentu. Berilah tanda silang (x) di lembar tanggapan yang disediakan untuk setiap pekerjaan atau acara yang paling anda sukai atau paling sesuai dengan keadaan diri anda. Perhatikan baik-baik, jangan asal memberi tanda tapi pikirkan dan pertimbangan baik-baik. 

SOAL
  1. Staf Administrasi / Tata Usaha 
  2. Resepsionis 
  3. Asisten Perpustakaan 
  4. Akuntan 
  5. Pengawas Bangunan (mandor bangunan) 
  6. Kolektor (barang antik, perangko, uang kuno) 
  7. Saya suka mengerjakan kiprah dengan rapi dan teratur.
  8. Pendapat dan sikap saya biasanya tengah-tengah (tidak ekstrim) 
  9. Pendapat dan gaya hidup saya, saya usahakan sepraktis dan senyaman mungkin
  10. Saya menghargai tradisi kelompok-kelompok yang ada di sekitar saya (tetangga, kantor, daerah ibadah) 
  11. Saya lebih tertarik membicarakan insiden kasatmata sehari-hari daripada hal-hal yang artistik (seni) atau filosofis 
  12. Guru Sekolah 
  13. Konselor (remaja, pendidikan, SDM) 
  14. Senang bercakap-cakap dengan banyak sekali kalangan orang
Demikianlah  Mengenal Tes Bakat dan Minat Pretest PPG Guru 2017. Semoga bermanfaat.
Share This :