Iklan

Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Selamat berjumpa sobat sanjayaops dimanapun berda, pada kesempatan ini sanjayaops akan membuatkan warta tentang, seni administrasi literasi dalam pembelajaran di sekolah dasar, kata kunci untuk review artikel ini ialah literasi, sekolah dasar. selamat membaca.

Judul : Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
Link : Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Rekomendasi Bacaan
Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana penerima didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di dingklik sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan penerima didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan kebijaksanaan pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaran' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan lantaran kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam aneka macam hal.

Menurut Word Economic Forum (2016), penerima didik memerlukan 16 keterampilan biar bisa bertahan di masa XXI, yakni literasi dasar (bagaimana penerima didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana penerima didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana penerima didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016).

Nilai Karakter Multiliterasi
Nilai karakter ini sanggup terwujud melalui upaya untuk meningkatkan kecakapan multiliterasi penerima didik pemahaman multiliterasi, dengan fokus pada literasi baca-tulis, literasi budaya dan kewargaan, literasi sains, literasi numerasi, literasi digital, dan literasi finansial. Adapun pembelajaran yang bersifat multiliterasi ini memadukan karakter dengan aksentuasi pada lima karakter PPK di atas serta kompetensi masa ke-21 yang mengembangkan kreativitas, kecakapan berpikir kritis, kemampuan komunikasi, serta kolaborasi. Semuanya ini diperlukan sanggup menjadi bekal kecakapan hidup sepanjang hayat.

Saat ini acara di sekolah ditengarai belum optimal mengembangkan kemampuan literasi warga sekolah khususnya guru dan siswa. Hal ini disebabkan antara lain oleh minimnya pemahaman warga sekolah terhadap pentingnya kemampuan literasi dalam kehidupan mereka serta minimnya penggunaan buku-buku di sekolah selain buku-teks pelajaran. Kegiatan membaca di sekolah masih terbatas pada pembacaan buku teks pelajaran dan belum melibatkan jenis bacaan lain.

Implementasi Budaya Literasi
Implementasi penumbuhan budaya literasi di sekolah memerlukan langkah-langkah sebagai berikut: persiapan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut. Persiapan merupakan acara menyiapkan bahan, personal, dan seni administrasi pelaksanaan. Pelaksanaan merupakan operasionalisasi yang telah dipersiapkan. Pemantauan, evaluasi, tindak lanjut merupakan acara untuk mengetahui efektivitas acara literasi yang telah dilaksanakan. Tiga hal yang terakhir ini tidak akan dibahas di sini dan sanggup dicermati dalam Desain Induk GLS (Wiedarti dan Kisyani-L., 2016).

Tujuan Strategi Literasi
Tujuan utama penggunaan seni administrasi literasi dalam pembelajaran ialah untuk membangun pemahaman siswa, keterampilan menulis, dan keterampilan komunikasi secara menyeluruh. Selama ini berkembang pendapat bahwa literasi hanya ada dalam pembelajaran bahasa atau di kelas bahasa. Pendapat ini tentu saja tidak sempurna lantaran literasi berkembang rimbun dalam bidang matematika, sains, ilmu sosial, teknik, seni, olahraga, kesehatan, ekonomi, agama, prakarya dll. (cf. Robb, L, 2003).

Konten dalam pembelajaran ialah apa yang diajarkan, adapun literasi ialah bagaimana mengajarkan konten tersebut. Oleh alasannya itu, bidang-bidang yang telah disebutkan dan lintas bidang memerlukan seni administrasi literasi dalam pembelajarannya. Strategi literasi dalam pembelajaran akan menguatkan karakter siswa dan mengembangkan kompetensinya sebagai warga global di masa ke-21.

Download Modul Literasi SD Kurikulum 2013
Demikian info Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar, semoga bermanfaat. untuk info lebih lanjut wacana Strategi Literasi dalam Pembelajaran di SD sanggup di download pada link berikut :

Modul Strategi Literasi di SD (unduh)

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar, Link Artikel ini ialah https://julianrade.blogspot.com//search?q=strategi-literasi-dalam-pembelajaran-di.
Share This :