Iklan

Panduan Pengembangan Pojok Baca Di Sekolah

Panduan Pengembangan Pojok Baca Di Sekolah
Perpustakaan sekolah merupakan bab dari sarana dan prasana yang wajib ada untuk menunjang pendidikan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan. Pada pasal 23 ayat (1)Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 wacana Perpustakaan menyatakan, setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan standar nasional pendidikan. Standar Nasional perpustakaan tersebut menjadi pola dalam pendirian, pengelolaan, dan pengembangan perpustakaan yang berlaku sama secara nasional.

 Perpustakaan sekolah merupakan bab dari sarana dan prasana yang wajib ada untuk menunj Panduan Pengembangan Pojok Baca di Sekolah

Perpustakaan sekolah harus sanggup melayani penerima didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya (warga sekolah) supaya memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan sesuai dengan kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan. Perpustakaan sekolah bukan hanya berfungsi sebagai unit kerja yang menyediakan materi bacaan untuk menambah pengetahuan dan wawasan, akan tetapi merupakan sumber berguru bagi penerima didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat sekolah yang keberadaannya sebagai bab integral yang tidak sanggup dipisahkan dengan keberadaan sekolah.

Akan tetapi, dalam praktiknya, keberadaan dan layanan perpustakaan sekolah masih kurang diminati oleh penerima didik dan warga sekolah lainnya. Diperlukan upaya yang berkelanjutan dari semua pihak supaya sanggup meningkatkan minat penerima didik dan warga sekolah untuk mengakses perpustakaan. Salah satu upayameningkatkan minat dan memperluas susukan layanan perpustakaan yaitu dengan membuatkan sudut baca kelas dan area baca sekolah supaya sanggup lebih gampang dan lebih erat dengan perserta didik dan warga sekolah lainnya.

Melihat hal tersebut, Direktorat Pembinaan SD dalam rangka melakukan tugasnya, perlu menyusun buku panduan pemanfaatan dan pengembangan sudut baca kelas dan area bacasekolah, untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Buku ini disajikan sebagai panduan bagi sekolah dan pemangku kepentingan dalam menyusun program/kegiatan pengembangan sudut baca kelas dan area baca di sekolah dasar. Panduan ini mengacu pada undang-undang, peraturan, ketentuan, standar nasional perpustakaan yang berlaku, dan praktik baik yang selama ini sudah dilakukan dalam pengembangan sudut baca kelas dan area baca di sekolah dasar.


Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 tahun 2015 wacana organisasi dan tata kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, melalui Sub Direktorat Kurikulum, memiliki kiprah melakukan penyusunan materi perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, fasilitasi penjaminan mutu, di bidang kurikulum sekolah dasar.

Berikut merupakan Panduan Pengembangan Pojok Baca di Sekolah

Download Panduan Pengembangan Pojok Baca di Sekolah

BUKU PANDUAN
PANDUAN PENGEMBANGAN POJOK BACA DI SEKOLAH
Jenis Buku
Panduan
Jenis File
PDF
Tahun
2016
Penulis
Kemendikbud
Download
Mirror
Share This :