Bila dikaji dari sisi etimologis istilah “supervisi” atau dalam bahasa Inggris “supervision” sering didefinisikan dengan pengawas dan kepalaaan. Sedangkan secara morfologis supervisi terdiri dari dua kata yaitu “super” yang berarti atas atau lebih dan “visi” memiliki lihat, pandang ,tilik atau awasi. Dengan demikian supervisi dalam pengertian yang sederhana yaiu melihat, meninjau atau melihat dari atas yang dilakukan oleh atasan (pengawas dan kepala,kepala sekolah) terhadap perwujudan aktivitas pembelajaran.
Supervisi diartikan sebagai layanan yang bersifat membimbing, memfasilitasi, memotivasi serta menilai guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan profesinya secara efektif.
Supervisi pembelajaran yakni serangkaian aktivitas membantu guru menyebarkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al; 2007). Supervisi pembelajaran tidak terlepas dari evaluasi kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Esensi supervisi pembelajaran sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran,melainkan membantu guru menyebarkan kemampuan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugasnya.
Berikut merupakan Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Download Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar
BUKU PANDUAN | |||
PANDUAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR | |||
Jenis Buku | Buku Guru | Jenis File | |
Tahun | 2016 | Penulis | Kemendikbud |
Download | Download |
Share This :
comment 0 comments
more_vert