Iklan

Pedoman Umum Pkb 2018

Pedoman Umum Pkb 2018
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru yang selanjutnya disebut Program Diklat Guru merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) di seluruh Indonesia sehingga sanggup diketahui kondisi objektif guru ketika ini dan kebutuhan peningkatan kompetensinya.

 Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru yang Pedoman Umum PKB 2018

Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk training guru pasca UKG yang pada tahun 2016 berjulukan Program Guru Pembelajar, pada tahun 2017 berjulukan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan pada tahun 2018 ini berjulukan Program Diklat Guru. Program Diklat Guru akan memakai moda tatap muka. Tujuan Program Diklat Guru yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai distributor perubahan dan sumber berguru utama bagi penerima didik. Pada tahun 2018, dibutuhkan terjadi kenaikan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional 75.

Program Diklat Guru dilaksanakan berbasis komunitas guru dan tenaga kependidikan (komunitas GTK). Pemberdayaan komunitas GTK melalui Pusat Kegiatan Gugus/ Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) serta Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) merupakan salah satu prioritas aktivitas Ditjen GTK. Oleh alasannya yaitu itu, Ditjen GTK melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan, Teknologi Informasi, dan Komunikasi (LPPPTK KPTK), Dinas Pendidikan dan instansi publik lainnya menyelenggarakan Program Diklat Guru berbasis komunitas GTK.

Berikut merupakan Pedoman Umum PKB 2018

PEDOMAN
PEDOMAN UMUM PKB TAHUN 2018
Jenis Buku
Pedoman
Jenis File
PDF
Tahun
2018
Penulis
Dirjen GTK
Share This :