Iklan

Rpp K13 Kelas 3 Revisi 2018

Rpp K13 Kelas 3 Revisi 2018
RPP K13 Kelas 3 Revisi 2018 - Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran yaitu kemampuan guru dalam menyusun perencanaan yang tertuang dalam RPP. Dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku guru, buku s i swa, buku teks pelajaran dan acuan lain yang mendukung. Pengembangan RPP sanggup dilakukan oleh guru secara berdikari dan/atau berkelompok (KKG) di sekolah/madrasah yang sanggup dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.

 Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran yaitu kemampuan guru dalam menyusun  RPP K13 Kelas 3 Revisi 2018

Dalam menyusun RPP, diharapkan kemampuan guru dalam memfasilitasi pengalaman mencar ilmu yang berkesan yang bisa menguatkan abjad siswa. Penguatan nilai-nilai abjad dalam pembelajaran diharapkan tidak sebatas tertulis secara administratif, namun nantinya sanggup diterapkan dengan alamiah dalam pembelajaran. 

Nilai-nilai yang sanggup dikuatkan yaitu 5 (lima) nilai utama abjad yang terdiri dari Nilai Religiusitas, diantaranya: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan sehabis beraktivitas, dsb. Nilai Nasionalisme, diantaranya: cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban, taat hukum, dsb. Nilai Kemandirian, diantaranya: disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, pembelajar sepanjang hayat, dsb. Nilai Gotong Royong, diantaranya: suka menolong, bekerjasama, peduli sesama, toleransi, peduli lingkungan, kebersihan dan kerapian, kekeluargaan, aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, dsb. Nilai Integritas, diantaranya: jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji, anti korupsi, dsb. 

Untuk mencapai hasil yang optimal, guru sanggup memfokuskan pada nilai-nilai yang relevan sesuai dengan ruang lingkup kompetensi dasar dan dinamika pembelajaran. Secara eksplisit, planning penguatan abjad siswa sanggup dituliskan dalam rumusan tujuan pembelajaran. Perlu dicatat bahwa ada kalanya tidak semua tujuan pembelajaran sanggup diberikan muatan nilai karakter. Prinsipnya, penulisan nilai abjad dalam tujuan pembelajaran tersebut tidak terkesan dipaksakan. Selanjutnya, tujuan pembelajaran dijabarkan lebih lanjut dalam kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

Secara simultan, penguatan abjad siswa diharapkan sanggup dicapai juga melalui kegiatan penguatan pendidikan abjad berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Diantara penguatan pendidikan abjad berbasis budaya sekolah yaitu kegiatan literasi, sedangkan diantara penguatan pendidikan abjad berbasis kelas yaitu pembelajaran tematik yang memakai kompetensi periode 21, terutama 4C yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kerja sama (collaboration), kreativitas (creativity), dan komunikasi (communication) -serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS).

Sebagai catatan, model RPP yang dikembangkan dalam Kurikulum 2013 yaitu RPP yang mengintegrasikan penguatan abjad siswa, literasi, kompetensi periode 21, dan HOTS. Dengan demikian tidak ada RPP yang hanya memfokuskan pada penguatan karakter, atau hanya memfokuskan pada pengembangan literasi, kompetensi periode 21, dan HOTS saja. Jika ada perencanaan pembelajaran yang difokuskan pada salah satu komponen, gotong royong perencanaan tersebut berupa skenario yang dibentuk selama dalam training semata. Hal ini dibutuhkan sebatas pada ranah pemahaman dengan impian pada ketika menyusun RPP Kurikulum 2013 tidak mengalami salah konsepsi.

Di tahun 2018, buku guru dan buku kelas 3 mengalami revisi. Berikut saya bagikan RPP K13 Kelas 3 Revisi 2018.

RPP
TEMA 1 : PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP
Jenis 
RPP
Jenis File
Word
Tahun
2018
Penulis
-
TEMA 2 : MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN
Jenis 
RPP
Jenis File
Word
Tahun
2018
Penulis
-
TEMA 3 : BENDA DI SEKITARKU
Jenis 
RPP
Jenis File
Word
Tahun
2018
Penulis
-
TEMA 4 : KEWAJIBAN DAN HAKKU
Jenis 
RPP
Jenis File
Word
Tahun
2018
Penulis
-
Share This :