Iklan

Cara Flora Melindungi Diri

Cara Flora Melindungi Diri
Cara Tumbuhan Melindungi Diri - Seperti makhluk hidup lainnya, flora juga mempunyai cara untuk melindungi dirinya dari predatornya. Masing-masing flora mempunyai cara melindungi diri yang berbeda. Ada yang memakai duri, getah, racun, rambut halus, maupun dengan aroma yang menyengat. Berikut ini merupakan cara flora melindungi diri.

 flora juga mempunyai cara untuk melindungi dirinya dari predatornya Cara Tumbuhan Melindungi Diri


Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Duri.

Duri merupakan kepingan flora yang berbentuk lancip dan tajam. Keberadaan duri ini mempu melindungi flora dari predatornya. Hewan yang akan memakan flora tersebut akan tertusuk duri. Hal ini menimbulkan flora akan terlindung dari predatornya. Contoh Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Duri yaitu salak, mawar, alang-alang, putri malu, dan kaktus

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Bulu Atau Rambut.

Beberapa flora mempunyai bulu-bulu yang kecil dan dan tajam. Bulu-bulu tersebut akan menjadikan rasa gatal bagi yang menyentuhnya. Hal ini menimbulkan flora akan merasa terlindung dari predatornya. Contoh Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Bulu atau Rambut yaitu bambu, pohon ijuk, dan rambutan.

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Racun.

Beberapa flora mempunyai racun sebagai pinjaman dirinya. Hal ini menimbulkan binatang tidak akan berani untuk memakannya. Contoh Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Racun ialah karet, umbi-umbian, gadung, jarak, kecubung, dan pohon upas.

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Getah.

Getah bekerjsama berfungsi sebagai media melaksanakan transfortasi zat hara dan fotosintat dalam sebuah pembuluh angkut. Namun, keberadaan getah ini juga dapat berkhasiat sebagai pinjaman diri. Hewan atau insan yang terkena getah, akan merasa lengket. Contoh Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Getah ialah karet dan nangka.

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Bau Menyengat.

Bau menyengat yang dimiliki oleh bunga bangkai, selain membantu dalam proses reproduksi juga berfungsi untuk melindungi diri. Bau yang menyengat menciptakan binatang selain lalat akan menjauhi tumbuhan ini. Hal ini menciptakan bunga bangkai kondusif dari pemangsa.

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Kulit Buah Yang Keras.

Tumbuhan jenis kelapa (Kelapa dan kelapa sawit) mempunyai kulit yang keras pada buahnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi biji mereka.

Tumbuhan Melindungi Diri Dengan Rasa Pahit.

Tidak semua tumbuhan mempunyai rasa anggun pada buahnya. Salah satu misalnya ialah belimbing wuluh. Buah jenis ini mempunyai rasa yang pahit. Hal ini menimbulkan binatang tidak mau memakannya.

Demikianlah Tumbuhan Melindungi Diri. Semoga bermanfaat
Share This :