Iklan

Menghitung Angka Secara Otomatis Di Word

Menghitung Angka Secara Otomatis Di Word
Menghitung Angka Secara Otomatis Di Word - Dalam kesempatan ini, saya akan membagikan cara menghitung angka secara otomatis di Word. Sebagaimana kita ketahui, word merupakan software yang dipergunakan untuk mengolah kata. Namun, tidak jarang kita juga harus menyisipkan tabel yang berisi angka di dalamnya.

Sebagai referensi dalam menciptakan sebuah karya tulis pendidikan, kita mungkin mencantumkan data mengenai hasil  pembelajaran. Data ini harus kita lengkapi dengan jumlah, rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah , dan sebagainya semoga lebih memperjelas hasil penelitian kita.

Tak jarang juga, kita harus menghitung secara manual dengan memakai kalkulator maupun membuatnya di excell. Hal ini tentu tidaklah efektif. Banyak waktu yang akan dikeluarkan. Belum lagi, bila kita tidak teliti, maka dapat jadi data hasil analisis akan salah.

Dalam kesempatan ini, saya akan membagikan tutorial formula word yang mungkin jarang diketahui oleh orang. Padahal formula ini sangat mempermudah kita dalam mengolah angka.

Misalkan data yang kita miliki ialah sebagai berikut.


Menjumlahkan secara otomatis di word.

Kalau diperhatikan data tersebut disusun secara vertikal. Jumlah dari data akan ditaruh di bab bawah data.

Untuk mencari jumlah data secara otomatis, silakan lakukan langkah-langkah berikut ini.



  1. Taruh krusor di tabel daerah kita mengisi jumlah. Misalkan jumlah IPA kita akan taruh di bab bawah nilai IPA. Perhatikan gambar di atas.
  2. Pada Table Tools, klik Layout
  3. Klik Fx Formula
  4. Pada formula tuliskan rumus =SUM(ABOVE), Keterangan (= untuk mengawali rumus, SUM rumus untuk jumlah, (ABOVE) berarti kita menjumlahkan data di atas daerah kita menaruh krusor. Untuk data yang di kiri silahkan gunakan LEFT, dan data yang dikanan silakan gunakan RIGHT, Untuk data di bawah gunakan BELOW.
  5. Klik OK.
Lakukan langkah yang sama untuk IPS, Matematika, B. Indonesia dan B. Inggris.

Mencari rata-rata secara otomatis di word.

Untuk mencari rata-rata otomatis di word langkah hampir sama.



  1. Taruh krusor di bab kita akan menciptakan rata-rata.
  2. Klik layout
  3. Klik Fx Formula
  4. Ketikkan rumus =AVERAGE(ABOVE), Keterangan (AVERAGE dipergunakan untuk mencari rata-rata
  5. Klik OK
Lakukan hal yang sama untuk mencari rata-rata IPS, matematika, B. Indonesia, dan B. Inggris.

Mencari nilai tertinggi secara otomatis di Word

Untuk mencari nilai tertinggi di word, langkahnya sama. Perbedaannya, ialah dikala menuliskan rumus, silakan buat =MAX(ABOVE)

Mencari nilai terendah secara otomatis di Word

Untuk mencari nilai tertinggi di word, langkahnya sama. Perbedaannya, ialah dikala menuliskan rumus, silakan buat =MIN(ABOVE)

Demikianlah cara menghitung angka otmatis di word. Semoga bermanfaat.
Share This :