Iklan

Soal Evaluasi Harian Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Dengan Kunci Jawaban

Soal Evaluasi Harian Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Dengan Kunci Jawaban
Soal Penilaian Harian Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Dengan Kunci Jawaban - Berikut ini merupakan Soal Ulangan Harian Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 lengkap dengan kunci jawaban. Selain itu, soal ini juga dilengkapi dengan Kompetensi Dasar.

Pembuatan Soal evaluasi ini mengacu pada buku kelas 6 revisi 2018.

 Berikut ini merupakan Soal Ulangan Harian Kelas  Soal Penilaian Harian Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Dengan Kunci Jawaban
IDENTITAS
Tema : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema : Ayo, selamatkan binatang dan tumbuhan
Kelas : 6
Semester : 1

PPKN
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Soal

  1. Tuliskan dua teladan pelaksanaan sila kelima Pancasila!
  2. Tuliskan lambang tiap-tiap sila Pancasila secara berurutan!
  3. Tuliskan tiga perilaku yang mengatakan besar hati terhadap bangsa Indonesia!
  4. Sebutka tiga prilaku yang mnecerminkan sila pertama Pancasila!
  5. Mengapa kita perlu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?
Kunci Jawaban
  1. Gemar menabung dan tidak boros
  2. Sila 1 bintang bersudut lima, sila 2 rantai, sila 3 pohon beringin, sila 4 kepala banteng, dan sila 5 padi dan kapas.
  3. Menggunakan produk-produk dalam negeri, menjaga persatuan dan kesatuan, dan berprestasi untuk bangsa dan negara.
  4. rajin sembahyang, saling menghormati antar pemeluk agama yang berbeda, dan bertoleransi.
  5. Dengan menjaga persatuan dan kesatuan makan bangsa akan menjadi tenang dan sejahtera.


BAHASA INDONESIA
3.1 Menyimpulkan gosip menurut teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
Soal
Banyak jenis flora yang hidup di sekitar kita. Ada flora langka atau sulit ditemui, ada pula flora yang gampang ditemukan. Ada pula tumbuharn yang mempunyai banyak manfaat, ada pula
flora yang mempunyai sedikit manfaat.

Tumbuhan di sekitar kita melaksanakan perkembangbiakan. Tujuan perkembangbiakan ialah untuk melestarikan jenisnya. Perkembangbiakan tersebut sanggup melibatkan insan atau tanpa melibatkan sumbangan manusia.

  1. Tuliskan ilham pokok paragraf pertama!
  2. Tuliskan ilham pokok paragraf kedua!
  3. Buatlah tamat menurut isi teks tersebut!

Kinci Jawaban

  1. Jenis-jenis flora di sekitar kita
  2. Perkembangbiakkan pada tumbuhan
  3. Tumbuhan yang ada di sekitar kita berkembang biak dengan cara yang berbeda. Tujuannya ialah untuk melestarikan jenisnya.

SBDP
3.4 Memahami patung.
Soal

  1. Jelaskan apakah itu festival kelas!
  2. Sebutkan langkah-langkah mengecat patung!
  3. Sebutkan tahapan yang harus dilakukan dalam memamerkan hasil karya patung!

Kunci Jawaban

  1. Pameran kelas merupakan festival hasil karya siswa yang dilakukan di kelas.
  2. Langkah mengecat patung : (1)Siapkan patung yang akan dicat, pastikan patung dalam keadaan kering. (2) Pilih warna cat, lalu campur dengan air. (3) Mulai mengecat dari bab yang memerlukan warna banyak. (4) Keringkan patung yang sudah dicat.
  3. Tahap persiapan dan tahap penataan.


IPA
3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan flora dan hewan.
Soal

  1. Mengapa keberadaan hutan perlu dijaga kelestariannya?
  2. Salah satu perjuangan melestarikan binatang ialah dengan menciptakan cagar alam dan suaka margasatwa. Sebutkan 3 cagar alam atau suaka margastawa yang ada di Indonesia beserta binatang yang dilindungi!
  3. Apakah yang dimaksud dengan pelestarian ex situ?
  4. Sebutkan 5 perkembangbiakkan flora secara vegetatif alami!
  5. Sebutkan 5 perkembangbiakkan flora secara vegetatif buatan!

Kunci Jawaban

  1. Pelestarian hutan sangat penting alasannya ialah hutan merupakan habitat dari hewan. Selain itu, hutan juga berperan sebagai penghasil oksigen, mencegah erosi, dan mencegah pencemaran udara.
  2. Suaka Margasatwa Way Kambas melindungi rino sumatra dan harimau sumatra, Cagar alam Ujung Kulon melindungi Badak Bercula Satu, dan Cagar Alam Gunung Leuser melindungi Gajah Sumatra dan Badak Sumatra.
  3. Pelestarian flora di luar habitat aslinya.
  4. Spora, geragih, umbi batang, umbi akar, umbi lapis, akar tinggal, dan tunas
  5. Mencangkok, stek, merunduk, menempel, dan menyambung.


IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
Soal

  1. Sebutkan lima negara Asean yang manganut sistem pemerintahan republik!
  2. Sebutkan negara Asean yang menganut sistem pemerintahan kerajaan!
  3. Sebutkan tiga taman nasional yang terdapat di Indonesia!
  4. Sebutkan mata uang yang dipakai di negara-negara Asean!
  5. Sebutkan tiga negera di Asean yang memperoleh kemerdekaan dari Negara Perancis!

Kunci Jawaban

  1. Indonesia, Myanmar, Filipina, Singapura, Vietnam dan Kamboja
  2. Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam
  3. Taman Nasional Bromo, Taman Nasional Pulau Komodo, dan Taman Nasional Kelimutu
  4. Rupiah, Lak, Ringgit, Kyat, Peso, Dolar singapura, Baht, Dong, Dolar Brunei, dan Riel
  5. Vietnam, Kamboja, dan Laos
Share This :