Iklan

Eksperimen Memberi Makan Kupu-Kupu

Eksperimen Memberi Makan Kupu-Kupu
Kupu-kupu ialah salah satu binatang yang mempesona tetapi, mempunyai masa hidup yang pendek. Hidup kupu-kupu dimulai di darat dan berakhir di udara. Dimulai dari fase awal kupu-kupu yang berupa telur, berkembang menjadi ulat, kemudian bermetamorfosis kepompong. Ketika berbentuk kepompong, ulat menerima makanannya dari daun yang menjadi kepompongnya. Kemudian ulat akan bermetamorfosis kupu-kupu yang indah. Apa kuliner ulat bila telah bermetamorfosis kupu-kupu? Kupu-kupu menerima kuliner dari nektar tumbuhan. Kamu sanggup membayangkan nektar tumbuhan sebagai sari bunga yang bagus rasanya. Agar kau sanggup mempelajari dan melihat kupu-kupu dari dekat, akan dilakukan eksperimen bagaimana cara memberi makan kupu-kupu.

kupu ialah salah satu binatang yang mempesona tetapi Eksperimen Memberi Makan Kupu-Kupu


ALAT DAN BAHAN 
  1. Air 1 sendok makan gula 
  2. 1 buah gelas plastik Benang sepanjang 20 cm 
  3. 1 lembar plastik berwarna cerah 
  4. 1 buah paku payung 
  5. Kapas 
  6. Lem plastik 
  7. Pulpen 
  8. Gunting 
  9. 1 buah gelas ukur 
  10. Sendok makan 
  11. Halaman rumah yang ada tumbuhan dan kupu-kupu beterbangan 
CARA KERJA
  1. Ambil gelas plastik. Gunakan paku payung untuk menciptakan lubang kecil di samping kanan dan kiri gelas plastik. Masukkan benang ke dalam lubang tersebut, kemudian ikatlah ujung benang pada masing-masing sisi gelas 
  2. Buatlah lubang kecil di dasar gelas pa Perbesar lubang yang dibentuk oleh pa payung dengan memakai uju pulpen 
  3. Masukkan sedikit kapas ke dalam lubang tersebut, sehingga sebagian kapas akan berada di dalam gelas dan sebagian yang lain akan berada di luar gelas 
  4. Gambarlah bentuk kelopak bunga pa selembar plastik berwama, kemudian gunting bentuk kelopak tersebut. Tempelkan guntingan kelopak itu sekeliling kapas yang terdapat penggalan bawah gelas. Jangan lupa unt menghiasi gelasmu dengan gambar atau tempelan daun-daunan supaya menyerupai dengan bunga sungguhan.
  5. Tuangkan 9 sendok makan air ke dalam gelas kedua, dan tambahkan 1 sendok makan gula pasir. Aduk hingga rata, kemudian tuangkan larutan gula ini ke dalam gelas berbentuk bunga. 
  6. Gantungkan bunga plastik itu ke dahan suatu pohon yang sering didatangi kupu-kupu. Periksa keadaan bunga plastikmu beberapa dikala kemudian. Adakah kupu-kupu yang terbang mendekat untuk makan dari bunga plastikmu? Agar kupu-kupu mau mendekat sebaiknya kau jangan terlalu akrab dengan bunga plastikmu Kamu sanggup menakuti kupu-kupu tersebut sehingga kupu-kupu terbang menjauh 
kupu ialah salah satu binatang yang mempesona tetapi Eksperimen Memberi Makan Kupu-Kupu

CATATAN
Kupu-kupu menyerupai dengan ngengat Kedua serangga ini tergolong dalam ordo Lepidoptera, yang artinya serangga bersayap sisik (berasal dari kata lepis artinya sisik dan pteron artinya sayap). Meskipun demikian, kupu-kupu sanggup dibedakan dari ngengat menurut waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kuu umumnya aktit di siang hari, sedangkan ngengat aktif di malam hari. Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, sedangkan ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu mempunyai warna yang indah cemerlang, sedangkan ngengat cenderung gelap, kusam, atau kelabu. Kupu-kupu hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/sari kembang). Kupu-kupu dikenal sebagai binatang penyerbuk, yang membantu perkembangbiakan tumbuhan berbunga. Bagi petani, kupu-kupu ini sangat bermanfaat. 

HASIL EKSPERIMEN
Air gula menyerupai dengan nektar yang dihasilkan olelh bunga. Nektar atau sari bunga ialah cairan bagus kaya dengan gula yang dihasilkan bunga tumbuh- tumbuhan sewaktu mekar. Aroma bagus dari nektar sanggup menarik kedatangan binatang penyerbuk, menyerupai serangga. Nektar inilah yang merupakan sumber kuliner bagi serangga, menyerupai kupu-kupu. Warna kelopak bunga yang menarik dan terang, juga menarik perhatian kupu-kupu untuk mendatanginya. Aroma bagus larutan gula dan warna bunga plastikmu akan menarik kupu-kupu untuk hinggap di bunga plastikmu Kupu-kupu akan minum air gulamu melalui kapas di dasar gelas. Untuk minum air gula dari gelas bungamu ataupun dari nektar bunga sungguhan, kupu-kupu mempunyai susukan tabung panjang yang dinamakan probosis. Pada bunga sungguhan, nektar dihasilkan kelenjar nektar yang terletak di dasar komplemen bunga (perianthium). Ketika mengambil nektar binatang penyerbuk (kupu-kupu) menyentuh kepala saribunga itu. Itulah sebabnya, kupu-kupu sanggup membantu tumbuhan dalam penyerbukan.

Sumber: Mari Berekaperimen 2-R. Marsita
Share This :