Iklan

Pemetaan Kd Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

Pemetaan Kd Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
 Selamat berjumpa sobat pendidik yang mencari perangkat pembelajaran k Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 - Selamat berjumpa sobat pendidik yang mencari perangkat pembelajaran k13 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. dimanapun berada. Artikel ini berjudul Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Oh ya, untuk review artikel ini sanggup memakai kata kunci Pemetaan KD K13, Perangkat pembelajaran K13 SD/MI, kurikulum 2013. Selamat membaca.

Judul : Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

KD Kelas 1 Kurikulum 2013 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 pada setiap tema dipetakan kedalam 3 subtema pembelajaran, masing-masing subtema pembelajaran terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran pada pemetaan kd Kelas 1 Kurikulum 2013 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 ini saya susun sesuai buku guru Kelas 1 edisi revisi 2017.

KD Kurikulum 2013 yang terdapat pada pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 dalam bentuk file excel ini terdiri dari KD K13 dari K1-1 (sikap spiritual), KD K13 dari KI-2 (sikap sosial), KD K13 dari KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KD K13 dari KI-4 (Aspek Keterampilan). KD K13 dari aspek perilaku spiritual (KI-1) dan KD K13 dari aspek perilaku sosial (KI-2) hanya terdapat pada mata pelajaran PPKn dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Untuk Pemetaan KD K13 Kelas 1 mata pelajaran pendidikan agama dan akal pekerti dipetakan secara tersendiri alasannya ialah tidak termasuk kedalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 revisi 2017.


Melakukan pemetaan kd kurikulum 2013 pada kelas 1 semester 1 tahun pelejaran 2018/2019 tentunya sangat perlu dilakukan alasannya ialah sanggup mempermudah dalam melaksanakan penilaian hasil berguru penerima didik, mempermudah menciptakan soal evaluasi, mempermudah dalam menciptakan kisi-kisi soal serta sanggup mempermudah dalam melaksanakan analisis soal. Berikut ini deskripsi setiap kd yang terdapat dalam pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 yang muncul pada buku guru kelas 1 semester 1 revisi 2017.

Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 TP 2018/2019 Muatan Pelajaran PPKn
3.2 Mengidentifikasi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan acara sesuai dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah.
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda Pancasila”.

Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 TP 2018/2019 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara verbal dan tulis yang sanggup dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang sempurna untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk verbal dan tulis.
3.3 Menguraikan lambang suara vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.
4.3 Melafalkan suara vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
3.4 Menentukan kosakata perihal anggota badan dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyampaikan klarifikasi (berupa gambar dan tulisan) perihal anggota badan dan panca indera serta perawatannya memakai kosakata bahasa Indonesia dengan pinjaman bahasa tempat secara verbal dan/atau tulis.
3.1 Menjelaskan acara persiapan membaca permulaan (cara duduk masuk akal dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, menentukan tempat dengan cahaya yang terang, dan adat membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan acara persiapan membaca permulaan (duduk masuk akal dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, menentukan tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
3.2 Mengemukakan acara persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
4.2 Mempraktikkan acara persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, menciptakan garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak aneka macam bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk karakter di tempat bercahaya terang) dengan benar.
3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
3.5 Mengenal kosakata perihal cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan klarifikasi perihal cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang sempurna dan dibantu dengan bahasa daerah.
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan insiden siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.7 Menyampaikan klarifikasi dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa tempat mengenai insiden siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan memakai bahasa yang santun secara verbal dan goresan pena yang sanggup dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan memakai bahasa yang santun kepada orang lain secara verbal dan tulis.
3.10 Menguraikan kosakata kekerabatan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
4.10 Menggunakan kosakata yang sempurna dalam percakapan perihal kekerabatan kekeluargaan dengan memakai pinjaman gambar/bagan silsilah keluarga.


Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 TP 2018/2019 Muatan Pelajaran Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah hingga dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
4.1 Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
3.2 Menjelaskan bilangan hingga dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan memakai kumpulan benda aktual serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangan hingga dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan pandangan gres nilai tempat.
3.3 Membandingkan dua bilangan hingga dua angka dengan memakai kumpulan benda benda konkret.
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan hingga dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan memakai kumpulan benda-benda konkret.
3.4 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99.
3.6 Mengenal berdiri ruang dan berdiri datar dengan memakai aneka macam benda konkret.
4.6 Mengelompokkan berdiri ruang dan berdiri datar menurut sifat tertentu dengan memakai aneka macam benda konkret.
3.5 Mengenal contoh bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
4.5 Memprediksi dan menciptakan contoh bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku memakai benda/situasi konkret.
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan memakai benda/situasi konkret.


Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 TP 2018/2019 Muatan Pelajaran SBDP
3.2 mengenal elemen musik melalui lagu.
4.2 menirukan elemen musik melalui lagu.
3.3 mengenal  gerak anggota badan melalui tari.
4.3 meragakan gerak anggota badan melalui tari.
3.1 mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
4.1 menciptakan karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
3.4 mengenal materi alam dalam berkarya.
4.4 menciptakan karya dari materi alam.

Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 TP 2018/2019 Muatan Pelajaran PJOK
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bab badan yang boleh dan dilarang disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bab badan yang boleh dan dilarang disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
3.4 Memahami menjaga perilaku badan (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara elastis serta seimbang dalam rangka pembentukan badan melalui permainan sederhana dan atau  tradisional.
4.4 Mempraktikkan perilaku badan (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara elastis serta seimbang dalam rangka pembentukan badan melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Memahami gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3 Memahami contoh gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan contoh gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


Deskripsi pemetaan kd Kelas 1 K13 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 tersebut merupakan kd yang muncul pada pembelajaran semester 1 menurut buku guru Kelas 1 tahun pelajaran 2018/2019 edisi revisi 2017. Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 edisi revisi 2017 silakan download pada link berikut:
Pemetaan KD K13 Kelas 1 Tema 1 (Download)
Pemetaan KD K13 Kelas 1 Tema 2 (Download)
Pemetaan KD K13 Kelas 1 Tema 3 (Download)
Pemetaan KD K13 Kelas 1 Tema 4 (Download)
Daftar KD K13 Kelas 1 SD Semester 1 Revisi 2017 (Download)

Demikian info perihal pemetaan kd kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019, semoga bermanfaat. Jika bapak/ibu menemukan ketidak sesuaian antara KD yang terdapat dalam pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 ini dengan kd yang terdapat pada buku guru Kelas 1 semester 1 revisi 2017, mohon semoga sudi kiranya berkomentar pada kolom komentar semoga sanggup dilakukan perbaikan.


Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. link artikel ini ialah https://julianrade.blogspot.com//search?q=pemetaan-kd-kelas-1-k13-semester-1-2018-2019.
Share This :