Iklan

Teknik Dan Instrumen Evaluasi Kurikulum 2013 Tingkat Sd/Mi Revisi 2018

Teknik Dan Instrumen Evaluasi Kurikulum 2013 Tingkat Sd/Mi Revisi 2018

Selamat berjumpa sobat sanjayaops dimanapun berada, pada kesempatan ini sanjayaops akan menyebarkan warta perihal teknik dan instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan kurikulum 2013. pada tahun 2018 untuk pembelajaran k13 jenjang SD/MI terdapat revisi pada buku guru dan buku siswa kelas 3 dan kelas 6, sedangakan untuk kelas 1, 2, 4 dan 5 masih memakai revisi 2017. Kata kunci untuk review artikel ini ialah penilaian sikap, penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan, kurikulum 2013. selamat membaca.

Judul : Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018
Link : Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018

Rekomendasi Bacaan

Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018
Penilaian dilakukan secara autentik untuk melihat kemajuan berlajar siswa yang meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan (lebih lanjut sanggup dilihat pada Permendikbud Republik Indonesia Nomor 53 tahun 2015 perihal penilaian hasil mencar ilmu oleh pendidik pada pendidikan dasar dan menengah).

I. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL
Penilaian sikap (KI-1 dan KI-2) dimaksudkan sebagai penilaian terhadap prilaku siswa dalam proses pembelajaran kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Penilaian sikap ditujukan untuk membina sikap sesuai budipekerti dalam rangka pembentukan huruf siswa sesuai dengan proses pembelajaran.

Sikap spritual (KI-1) meliputi kegiatan beribadah, berprilaku syukur, berdoa sebelum dan sehabis melaksanakan kegiatan dan toleransi dalam beribadah. Sikap Sosial (KI-2) meliputi sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri.

1. Observasi
Penilaian sikap dilakukan oleh guru kelas, guru mata pelajaran dan budipekerti serta guru PJOK. Sikap dan peerilaku keseharian siswa diamati dan direkam melalui teknik observasi. Aspek sikap dan sikap yang diobservasi sanggup diadaptasi dengan kegiatan pada dikala itu. Untuk memudahkan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial, guru fokus mengamati 5-10 siswa setiap harinya. Hasil observasi ditulis dalam jurnal hasil observasi.

Lembar Jurnal Observasi Sikap Spiritual (KI-1)


Lembar Jurnal Observasi Sikap Sosial (KI-2)


Hasil penilaian sikap direkap setiap final satu tema oleh guru. Guru kelas dan guru mata pelajaran membahas data penilaian sikap sekurang-kurangnya dua kali dalam satu semester. Hasil pembahasan akan menjadi panduan dalam penyusunan deskripsi penilaian sikap akseptor didik.

2. Penilaian Diri (Self Assesment)
Penilaian diri dipakai untuk memberi penguatan (reinforcement) terhadap kemajuan mencar ilmu siswa. Penilaian diri memberi peluang kepada siswa memonitor, memberi penilaian dan mengevaluasi perkembangan sikapnya sendiri. Dengan demikian siswa diperlukan sanggup mempunyai huruf yang baik.

Contoh format penilaian diri aspek sikap spritual:


Contoh format penilaian diri aspek sikap sosial:


II. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan siswa yang meliputi dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam aneka macam tingkatan proses berpikir. Teknik penilaian pengetahuan memakai test tertulis, lisan, dan penugasan.

1. Test Tertulis
Test tertulis ialah test yang soal dan jawabannya secara tertulis, antara lain berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan dan uraian. Contoh penilaian test tertulis:

Tuliskan nama dan lambang bilangan sesuai pola :
Contoh :
1. 1.100 dibaca seribu seratus.
2. 2.200 dibaca dua ribu dua ratus.
a. 2.250 dibaca . . .
b. 3.300 dibaca . . .
c. 4.700 dibaca . . .
d. 5.650 dibaca . . .
e. . . . . . dibaca sembilan ribu
f. . . . . . dibaca seribu tujuh ratus
g. . . . . . dibaca dua ribu lima ratus lima puluh
h. . . . . . dibaca sepuluh ribu.
Jumlah soal 8
Nilai maksimal 10
Cara menilai : (Jumlah benar / 8) x 10

2. Test Lisan
Test verbal berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan secara verbal dan siswa merespon pertanyaan tersebut secara lisan. test verbal bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat, mengecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri dan kemampuan berkomunikasi secara efektif.

3. Penugasan
Penugasan ialah derma kiprah kepada akseptor didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi akseptor didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Tugas sanggup dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai karakteristik tugas. Tugas tersebut sanggup dilakukan di sekolah, di rumah atau di luar sekolah.

III. PENILAIAN KETERAMPILAN
Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilaian kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan memakai angka dengan rentang skor 0 hingga dengan 100, predikat dan deskripsi.

1. Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja (performance assesment) ialah penilaian yang menuntut siswa mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya kedalam aneka macam macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada penilaian kinerja, penekanannya sanggup dilakukan pada proses atau produk. Penilaian kinerja yang menekankan pada produk disebut penilaian produk, contohnya poster, puisi, dan kerajinan.

Penilaian kinerja yang menekankan pada proses disebut penilaian praktik, contohnya bermain sepak bola, memainkan alat musik, menyanyi, melaksanakan pengamatan memakai mikroskop, menari, bermain peran, dan membaca puisi.Penilaian produk maupun penilaian praktik sanggup dilakukan melalui observasi memakai rubrik dengan skala penilaian tertentu.

Contoh Rubrik penilaian menyanyikan lagu cicak-cicak di dinding.


Instrumen Penilaian Kegiatan Menyanyikan lagu cicak-cicak di dinding


2. Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio merupakan rekaman penilaian autentik yang memperkuat kemajuan dan kualitas pekerjaan akseptor didik. Penilaian portofolio berupa kumpulan dokumen yang berisi penilaian prestasi belajar, penghargaan, karya akseptor didik dalam bidang dan kurun waktu tertentu. Portofolio sanggup berbentuk buku berukuran besar, album berisi foto, audio, vidio, stopmap/bantek yang berisi kumpulan kiprah dan buku kerja akseptor didik.

IV. PEMANFAATAN DAN TINDAK LANJUT PENILAIAN
Hasil analisis penilaian pengetahuan dan keterampilan menjadi dasar penentuan tindak lanjut kegiatan yang dibutuhkan akseptor didik. Bagi akseptor didik yang nialainya belum mencapai KKM akan mendaapatkan remidial. Peserta didik yang telah mencapai nilai KKM atau lebih akan mendapat pengayaan.

Sumber : Buku Guru Kelas 3 Semester I Revisi 2018

Demikian Informasi Tentang Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018Terima kasih sudah membaca artikel perihal penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan k13 SD/MI, agar artikel ini bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru yang menerapkan kurikulum 2013 serta pembaca semuanya dimanapun berada.


Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018. Link Artikel ini ialah https://julianrade.blogspot.com//search?q=instrumen-penilaian-kurikulum.
Share This :