Berikut merupakan Indikator UTN Mapel Bahasa Indonesia. Indikator ini dapat dimamfaatkan untuk mempersiapkan diri dalam mengahdapi UTN 2 dan 4 Tahun 2018. Bagi guru Bahasa Indonesia, silakan pelajari Kisi-Kisi UTN 2 dan 4 Mapel Bahasa Indonesia berikut.
- Menemukenali denah kognitif awal penerima didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menganalisis kesulitan mencar ilmu yang dialami oleh penerima didik menurut gaya belajar
- Menganalisis banyak sekali pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Mengidentifikasi prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
- Merumuskan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia
- Mengidentifikasi pengalaman mencar ilmu penerima didik dengan bahan yang yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menerapkan bahan pembelajaran Bahasa Indonesia yang terkait dengan pengalaman mencar ilmu dan tujuan pembelajaran
- Mengorganisasi bahan pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik penerima didik
- Merumuskan indikator dan instrumen penilaian
- Menjelaskan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran bahasa Indonesia yang mendidik
- Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
- Menyusun rancangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas dan di luar kelas
- Menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia di dalam kelas dan di luar kelas
- Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber mencar ilmu yang relevan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh
- Menerapkan banyak sekali kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mendorong penerima didik mencapai prestasi secara optimal
- Menerapkan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia
- Menganalisis aspek-aspek proses dan hasil mencar ilmu yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia
- Menerapkan mekanisme penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu Bahasa Indonesia
- Mengembangkan instrumen penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu Bahasa Indonesia
- Membuat laporan/rapor hasil penilaian proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia secara berkesinambungan dengan mengunakan banyak sekali instrumen
- Mengevaluasi proses dan hasil mencar ilmu Bahasa Indonesia
- Menerapkan data hasil mencar ilmu penerima didik untuk memilih KKM Bahasa Indonesia
- Memanfaatkan data hasil mencar ilmu penerima didik untuk merancang aktivitas remedial dan pengayaan
- Melakukan refleksi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia yang telah dilaksanakan
- Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menerapkan PTK untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Mengidentifikasi teori linguistik strutural yang terkait dengan pengembangan bahan kelas kata bahasa Indonesia dengan tepat.
- Mengidentifikasi teori linguistik deskriptif yang terkait dengan pengembangan bahan kelas kata bahasa Indonesia dengan tepat.
- Mengidentifikasi bahan pembelajaran fonologi bahasa Indonesia menurut aliran struktural dengan tepat.
- Mengidentifikasi bahan pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia menurut aliran fungsional dengan tepat.
- Mengidentifikasi bahan pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia menurut aliran struktural dengan tepat.
- Mengidentifikasi bahan pembelajaran morfologi bahasa Indonesia menurut aliran struktural dengan tepat.
- Mengidentifikasi bahan pembelajaran morfologi bahasa Indonesia menurut aliran fungsional dengan tepat.
- Mengidentifikasi bahan pembelajaran morfologi bahasa Indonesia menurut aliran deskriptif dengan tepat.
- Mengidentifikasi bahan pembelajaran fonologi bahasa Indonesia menurut aliran deskriptif dengan tepat.
- Mengidentifikasi bahan pembelajaran kelas kata bahasa Indonesia menurut aliran fungsional dengan tepat.
- Mengidentifikasi konsep hakikat bahasa.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa fonologi.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa morfologi.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa sintaksis.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa semantik
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa pragmatik.
- Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
- Menentukan tahapan pemerolehan bahasa anak
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
- Mengidentifikasi kedudukan bahasa Indonesia dengan tepat.
- Mengidentifikasi fungsi bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu.
- Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (beku/ frozen style)
- Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (formal)
- Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (informal)
- Mengidentifikasi nentukan jenis ragam tingkat keformalan (akrab)
- Mengaplikasikan kaidah ejaan dan tanda baca sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis)
- Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
- Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
- Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
- Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
- Mengaplikasikan kaidah pragmatik sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (berbicara).
- Mengaplikasikan kaidah pragmatik sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
- Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
- Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (berbicara).
- Mengidentifikasi teori struktural menurut cuplikan naskah cerpen yang disajikan.
- Mengidentifikasi pantun yang sempurna menurut ciri-cirinya
- Mengidentifikasi syair yang sempurna menurut ciri-cirinya
- Mengidentifikasi gurindam yang sempurna menurut ciri-cirinya
- Mengidentifikasi genre (prosa) yang tepat.
- Mengidentifikasi genre (puisi) yang tepat.
- Mengidentifikasi genre (drama) yang tepat.
- Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: pantun)
- Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: gurindam)
- Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi baru:Soneta)
- Mengapresiasi prosa Indonesia (Prosa lirik: Kaba Minangkabau).
- Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: hikayat)
- Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: dongeng)
- Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa baru: novel)
- Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa baru: cerpen)
- Mengapresiasi teks drama Indonesia
- Mengelola situasi dan kondisi yang berkembang di dalam kelas
- Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Mengidentifikasi bahan pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia menurut aliran deskriptif dengan tepat.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa fonologi.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa sintaksis.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa semantik
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa pragmatik.
- Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
- Menentukan tahapan pemerolehan bahasa anak
- Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
KISI-KISI | |||
KISI-KISI UTN 2 DAN 4 MAPEL BAHASA INDONESIA TAHUN 2018 | |||
Jenis | Kisi-Kisi | Jenis File | Excell |
Tahun | 2018 | Penulis | - |
Share This :
comment 0 comments
more_vert