Iklan

Kisi-Kisi Utn 2 Dan 4 Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2018

Kisi-Kisi Utn 2 Dan 4 Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2018
Berikut merupakan Indikator UTN Mapel Bahasa Indonesia. Indikator ini dapat dimamfaatkan untuk mempersiapkan diri dalam mengahdapi UTN 2 dan 4 Tahun 2018. Bagi guru Bahasa Indonesia, silakan pelajari Kisi-Kisi UTN 2 dan 4 Mapel Bahasa Indonesia berikut.

Berikut merupakan Indikator UTN Mapel Bahasa Indonesia Kisi-Kisi UTN 2 dan 4 Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2018

  1. Menemukenali denah kognitif awal penerima didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  2. Menganalisis kesulitan mencar ilmu yang dialami oleh penerima didik menurut gaya belajar
  3. Menganalisis banyak sekali pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  4. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  5. Mengidentifikasi prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
  6. Merumuskan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia
  7. Mengidentifikasi pengalaman mencar ilmu penerima didik dengan bahan yang yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia
  8. Menerapkan bahan pembelajaran Bahasa Indonesia yang terkait dengan pengalaman mencar ilmu dan tujuan pembelajaran
  9. Mengorganisasi bahan pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik penerima didik
  10. Merumuskan indikator dan instrumen penilaian
  11. Menjelaskan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran bahasa Indonesia yang mendidik
  12. Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
  13. Menyusun rancangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas dan di luar kelas
  14. Menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia di dalam kelas dan di luar kelas
  15. Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber mencar ilmu yang relevan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh
  16. Menerapkan banyak sekali kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mendorong penerima didik mencapai prestasi secara optimal
  17. Menerapkan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  18. Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia
  19. Menganalisis aspek-aspek proses dan hasil mencar ilmu yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia
  20. Menerapkan mekanisme penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu Bahasa Indonesia
  21. Mengembangkan instrumen penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu Bahasa Indonesia
  22. Membuat laporan/rapor hasil penilaian proses dan hasil belajar  Bahasa Indonesia secara berkesinambungan dengan mengunakan banyak sekali instrumen
  23. Mengevaluasi proses dan hasil mencar ilmu Bahasa Indonesia
  24. Menerapkan data hasil mencar ilmu penerima didik untuk memilih KKM Bahasa Indonesia
  25. Memanfaatkan data hasil mencar ilmu penerima didik untuk merancang aktivitas remedial dan pengayaan
  26. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia yang telah dilaksanakan
  27. Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia
  28. Menerapkan PTK untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  29. Mengidentifikasi teori linguistik strutural yang terkait dengan pengembangan bahan kelas kata bahasa Indonesia  dengan tepat.
  30. Mengidentifikasi teori linguistik deskriptif  yang terkait dengan pengembangan bahan kelas kata bahasa Indonesia  dengan tepat.
  31. Mengidentifikasi bahan pembelajaran fonologi bahasa Indonesia menurut aliran struktural dengan tepat.
  32. Mengidentifikasi  bahan pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia menurut aliran fungsional dengan tepat.
  33. Mengidentifikasi bahan pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia menurut aliran struktural dengan tepat.
  34. Mengidentifikasi bahan pembelajaran morfologi bahasa Indonesia menurut aliran struktural dengan tepat.
  35. Mengidentifikasi bahan pembelajaran morfologi bahasa Indonesia menurut aliran fungsional dengan tepat.
  36. Mengidentifikasi bahan pembelajaran morfologi bahasa Indonesia menurut aliran deskriptif dengan tepat.
  37. Mengidentifikasi bahan pembelajaran fonologi bahasa Indonesia menurut aliran deskriptif dengan tepat.
  38. Mengidentifikasi bahan pembelajaran kelas kata bahasa Indonesia menurut aliran fungsional dengan tepat.
  39. Mengidentifikasi konsep hakikat bahasa.
  40. Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa fonologi.
  41. Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa morfologi.
  42. Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa sintaksis.
  43. Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa semantik
  44. Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa pragmatik.
  45. Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
  46. Menentukan tahapan pemerolehan bahasa anak
  47. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
  48. Mengidentifikasi kedudukan bahasa  Indonesia dengan tepat.
  49. Mengidentifikasi fungsi bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu.
  50. Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (beku/ frozen style)
  51. Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (formal)
  52. Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (informal)
  53. Mengidentifikasi nentukan jenis ragam tingkat keformalan (akrab)
  54. Mengaplikasikan kaidah ejaan dan tanda baca sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  55. Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis)
  56. Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
  57. Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
  58. Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
  59. Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
  60. Mengaplikasikan kaidah pragmatik sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (berbicara).
  61. Mengaplikasikan kaidah pragmatik sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
  62. Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
  63. Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (berbicara).
  64. Mengidentifikasi teori struktural menurut cuplikan naskah cerpen yang disajikan.
  65. Mengidentifikasi pantun yang sempurna menurut ciri-cirinya
  66. Mengidentifikasi syair yang sempurna menurut ciri-cirinya
  67. Mengidentifikasi gurindam yang sempurna menurut ciri-cirinya
  68. Mengidentifikasi genre (prosa) yang tepat.
  69. Mengidentifikasi genre (puisi) yang tepat.
  70. Mengidentifikasi genre (drama) yang tepat.
  71. Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: pantun)
  72. Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: gurindam)
  73. Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi baru:Soneta)
  74. Mengapresiasi prosa Indonesia (Prosa lirik: Kaba Minangkabau).
  75. Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: hikayat)
  76. Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: dongeng)
  77. Mengapresiasi prosa Indonesia  (prosa baru: novel)
  78. Mengapresiasi prosa Indonesia  (prosa baru: cerpen)
  79. Mengapresiasi teks drama Indonesia
  80. Mengelola situasi dan kondisi yang berkembang di dalam kelas
  81. Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  82. Mengidentifikasi bahan pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia menurut aliran deskriptif dengan tepat.
  83. Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa fonologi.
  84. Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa sintaksis.
  85. Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa semantik
  86. Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa pragmatik.
  87. Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
  88. Menentukan tahapan pemerolehan bahasa anak
  89. Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai referensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
Kisi-Kisi UTN 2 dan 4 Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2018 selengkapnya dapat di download melalui link di bawah ini.

KISI-KISI
KISI-KISI UTN 2 DAN 4 MAPEL BAHASA INDONESIA TAHUN 2018
Jenis
Kisi-Kisi
Jenis File
Excell
Tahun
2018
Penulis
-
Share This :