Iklan

Lomba Film Pendek 2018 Sma

Lomba Film Pendek 2018 Sma
Lomba Film Pendek 2018 SMA - Kemendibud melalui Puspbangfilm menyelenggarakan Lomba Film Pendek 2018 Sekolah Menengan Atas yang bertajuk Gelar Karya Film Indonesia. Lomba Film Pendek 2018 Sekolah Menengan Atas ini bertujuan untuk menguatkan pendidikan abjad melalui film.

 Kemendibud melalui Puspbangfilm menyelenggarakan Lomba Film Pendek 2018 SMA


Tema :

“Penguatan Pendidikan Karakter melalui Film”
Pendidikan abjad meliputi nilai Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas (untuk info lebih terang mengenai abjad sanggup dilihat di http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/)

Peserta

Peserta Lomba ini sanggup diikuti oleh :

  1. Pelajar Indonesia setingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA.
  2. Peserta berupa tim yang berperan sebagai produser, sutradara, penulis naskah, penata suara, penata artistik, editor.
  3. Bagi finalis lomba 2 (dua) kategori (film pendek dan film dokumenter) akan diundang ke Jakarta maksimal 3 (tiga) orang dari tim produksi untuk mengikuti malam anugerah.

Persyaratan Lomba


  1. Film dokumenter yaitu film yang menurut data-data faktual yang ditemui menurut literatur (media cetak/online/buku) maupun hasil riset langsung. a) Subjek/objek pandangan gres dongeng film yang terkait dengan tema penguatan pendidikan karakter. b) Film pendek yaitu film yang dibentuk menurut dongeng fiksi atau kisah nyata dengan tema penguatan pendidikan karakter. c) Setiap tim hanya boleh mengirimkan 1 (satu) karya film.
  2. Peserta melampirkan surat pernyataan bermaterai 6000 bahwa film yang dikirimkan bersifat asli dan belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi lain .
  3. Apabila film memakai karya musik yang ada hak ciptanya, peserta wajib melampirkan izin tertulis bermaterai 6000 dari pemilik hak tersebut.
  4. Film pendek dan dokumenter mempunyai durasi minimal 7 (tujuh) menit dan maksimal 15 (limabelas) menit sudah termasuk opening dan credit title.
  5. Bahasa yang dipakai dalam film yaitu Bahasa Indonesia dan/atau bahasa kawasan dengan mencantumkan terjemahannya (sub title).
  6. Peserta sanggup mengikutsertakan karya film yang diproduksi semenjak Januari 2017 dengan catatan mempunyai tema yang berkaitan dengan tema lomba yang telah ditentukan.
  7. Panitia berhak mendiskualifikasi dan membatalkan film yang mengikuti lomba pada tahap seleksi apabila ditemukan kecurangan yang dilakukan peserta.
  8. Apabila dikemudian hari ada somasi hak cipta, pihak panitia tidak bertanggungjawab terhadap hal tersebut. Panitia berasumsi bahwa seluruh film yang diikutsertakan merupakan karya asli dari peserta.
  9. Karya film sanggup dikirimkan ke email: gkfp2018pusbangfilm@kemdikbud.go.id. Untuk keterangan lebih terang sanggup dilihat di bab prosedur pendaftaran.
  10. Batas selesai penerimaan karya yaitu tanggal 30 September 2018.
  11. Tidak dipungut biaya dalam keseluruhan prosesnya.
  12. Karya film terbaik akan ditayangkan dan diumumkan pada program Malam Anugerah Festival Film Indonesia (waktu penyelenggaraan di tentukan kemudian hari).
  13. Untuk warta lebih lanjut, peserta sanggup menghubungi panitia lomba Pusat Pengembangan Perfilman melalui narahubung : Espita (08129057734), Swari (082113110456), dan Mahesa (081332323430).

Mekanisme Pendaftaran

  1. Formulir registrasi sanggup diunduh di laman pusbangfilm.kemdikbud.go.id
  2. Formulir sanggup dikirim dengan cara : Formulir yang telah diisi dan dilengkapi dengan fotokopi kartu identitas pelajar/ KTP dan melampirkan surat keterangan sebagai siswa aktif dari sekolah dikirim ke alamat Pusat Pengembagan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Komplek Kemdikbud Gedung C Lantai 18 Jl. Jenderal Sudirman Senayan, Jakarta 10270 Telepon/Fax : (021) 5746121 dan di-scan kemudian dikirim ke email gkfp2018pusbangfilm@kemdikbud.go.id
  3. Formulir sanggup dikirim dengan cara : Karya dikirim ke gkfp2018pusbangfilm@kemdikbud.go.id dengan format HD 1080p dan menuliskan keterangan (caption) “film ini dibentuk dalam rangka mengikuti Gelar Karya Film Pelajar yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Perfilman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan” dan mencantumkan link lomba www.pusbangfilm.kemdikbud.go.id.
  4. Karya film yang melebihi batas waktu pengumpulan (30 September 2018) secara otomatis akan didiskualifikasi.

Jadwal

Seleksi administrasi, substansi dan verifikasi dokumen lomba dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan mulai dari Juli 2018 s.d. 30 September 2018. Hasil seleksi 20 (dua puluh) nominasi (sepuluh film pendek dan sepuluh film dokumenter) akan diumumkan pada 31 Oktober 2018 di website (pusbangfilm.kemdikbud.go.id) dan mediasosial Pusbangfilm. Dan Pemberian apresiasi dilaksanakan pada program malam anugerah
(waktu ditentukan kemudian hari).

PANDUAN
POSTER LOMBA FILM PENDEK 2018 SMA
Jenis 
Poster
Jenis File
JPG
Tahun
2018
Penulis
Kemendikbud
JUKNIS FILM PENDEK 2018 SMA
Jenis 
Juknis
Jenis File
PDF
Tahun
2018
Penulis
Kemendikbud
FORMULIR FILM PENDEK 2018 SMA
Jenis 
Formulir
Jenis File
PDF
Tahun
2018
Penulis
Kemendikbud
Share This :