Iklan

Lomba Video 2018 Bazar Video Pendek Santri Milenial

Lomba Video 2018 Bazar Video Pendek Santri Milenial
Lomba Video 2018 Festival Video Pendek Santri - Dalam rangka hari Santri Nasional Tahun 2018, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan Lomba Video Pendek Santri Kategori Iklan Layanan Masyarakat (PSA/Public Service Announcement). Berikut merupakan ketentuan dalam lomba tersebut.

 Dalam rangka hari Santri Nasional Tahun  Lomba Video 2018 Festival Video Pendek Santri Milenial


TEMA
Umum : “Saya Muslim, Saya Moderat, Saya Indonesia”.
Santri : “Saya Santri, Saya Moderat, Saya Indonesia”.

SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA

  1. Peserta dibagi dalam dua kategori: Umum dan Santri atau kalangan pesantren, termasuk dewan asatidz.
  2. Peserta merupakan kelompok yang terdiri dari minimal 5 personil
  3. Setiap kelompok yang mendaftar diperbolehkan mengirim maksimal 3 video.
  4. Peserta tidak dipungut biaya apapun.
  5. Peserta harus mengisi formulir registrasi lengkap sanggup diunduh pada bab final ketentuan ini untuk kemudian dicetak, diisi, dan dikirim kepada panitia dalam format pdf yang berisi keterangan mengenai data diri, judul dan sinopsis film yang diperlombakan ke alamat email: harisantri2018.kemenag@gmail.com paling lambat tanggal 28 September 2018.
  6. Peserta dari kategori santri wajib melampirkan scan kartu tanda santri atau surat keterangan sebagai santri/ustadz-ustadzah dari pesantren terkait dikala mengirimkan formulir.
  7. Peserta wajib memfollow akun media umum Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pesantren yang meliputi: Facebook: Pendikan Pesantren; twitter: @Ppesantren; instagram: @pendidikanpesantren; dan subscribe channel Youtube: Pdpontren Channel, dibuktikan dengan screenshoot yang dikirimkan bersamaan dengan waktu penerima mengirim video dan formulir pendaftaran.
  8. Durasi video maksimal 60 detik /1 menit sudah termasuk opening dan credit title tanpa jeda dengan mencantumkan pesan yang ingin disampaikan.
  9. Video yang diperlombakan boleh memakai genre dan metode apapun, menyerupai animasi, drama, religi, humor dan lain sebagainya.
  10. Video yang diikutkan dalam perlombaan merupakan karya baru, orisinil, bukan hasil jiplakan/plagiasi, dan tidak mengambil sebagian maupun keseluruhan hak cipta orang lain serta belum pernah diikut sertakan dalam perlombaan lain.
  11. Iklan Layanan Masyarakat (PSA) yang diperlombakan merupakan video yang memberikan pesan-pesan moderasi Islam dengan abjad rahmatan lil alamin yang mengedepankan perilaku toleransi, menjaga perdamaian dan kerukunan antar umat beragama, berbagi kasih sayang sesama umat manusia, bisa menyeimbangkan antara kepentingan berbangsa dan beragama, dan lain sebagainya.
  12. Keseluruhan video wajib memakai Bahasa Indonesia dengan mencantumkan subtitle dalam Bahasa Inggris.
  13. Apabila video memakai karya musik yang mempunyai hak cipta (seperti lagu maupun instrument, baik sebagian maupun seluruhnya), maka penerima wajib menyertakan izin dari pemilik hak cipta.
  14. Video tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; Kesusilaan, moral, dan SARA (Suku, Agama, dan RAS) tertentu, kekerasan, promosi produk komersial, serta tidak mengandung unsur pornografi.
  15. Video boleh diambil memakai kamera jenis apapun tanpa minimum resolusi
  16. Materi video yang diikutkan perlombaan dikirim dalam kepada penyelenggara dengan format MP4.
  17. Materi video dikirim kepada penyelenggara melalui alamat emai: harisantri2018.kemenag@gmail.com paling lambat tanggal 28 September 2018 pukul 23.59 WIB dengan subjek: FVPS (spasi) PSA (Spasi) Judul Video (spasi) Nama Penanggung Jawab (Spasi) No. HP. Contoh: FVPS PSA Santri dan Kebhinnekaan Zainal 0856 4189 3897
  18. Penyelenggara berhak mendiskualifikasi video yang dikirim melebihi batas waktu tenggang yang diberikan.
  19. Seluruh video yang dikirim dalam perlombaan menjadi hak milik penyelenggara dan penyelenggara berhak menggunakannya untuk kepentingan publikasi.
  20. Penyelenggara berhak menayangkan karya pemenang pada program Santriversary sebagai puncak Hari Santri 2018 pada tanggal 21 Oktober 2018 di Bandung.
  21. Apabila di kemudian hari terdapat somasi terkait hak cipta, maka penyelenggara tidak bertanggung jawab dengan perkiraan seluruh video yang diperlombakan merupakan karya asli peserta.
  22. Penyelenggara berhak mendiskualifikasi dan membatalkan pemenang lomba bila ditemukan kecurangan yang dilakukan penerima di kemudian hari.
  23. Untuk gosip lebih lanjut, penerima sanggup menghubungi Penyelenggara Festival Video Pendek Santri dengan narahubung : Muhammad : +62 856 5546 0959; Herman: +62 857 7988 5881; Linda: +62 856 9166 3636.

KRITERIA PENILAIAN :

  1. Orisinalitas ide.
  2. Tidak menyinggung, memicu kontradiksi dan atau permusuhan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), tidak melanggar hukum, atau berbagi ideologi atau aliran tertentu yang tidak boleh oleh aturan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  3. Nilai dan pesan yang disampaikan secara implisit dan eksplisit.
  4. Penghayatan pemain.
  5. Penyutradaan
  6. Editing.
  7. Kualitas gambar dan tata suara.
  8. Kreatifitas artistik.
  9. Kesesuaian video dengan tema yang telah ditentukan.
  10. Dalam perlombaan ini akan diambil 5 pemenang yang meliputi; juara I, II, dan III, juara favorit, serta juara impian I dan II.
  11. Juara I, II, III, impian I dan impian II ditentukan sepenuhnya oleh dewan juri.
  12. Juara favorit akan ditentukan menurut banyaknya like video yang diupload melalui channel youtube Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Pdpontren channel) yang akan dimulai semenjak tanggal 01 Oktober ampai 09 Oktober 2018 pukul 23.59 WIB.
  13. Keputusan dewan juri dan penyelenggara mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. 
PENGUMUMAN DAN HADIAH PEMENANG :


  1. Para pemenang akan diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2018 melalui website www.ditpdpontren.kemenag.go.id, akun media umum Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pesantren serta akan dihubungi eksklusif via telepon..
  2. Masing-masing kategori (umum dan santri) akan di ambil 3 juara utama dan 1 juara favorit dan 2 juara harapan.
  3. Hadiah bagi masing-masing pemenang adalah: (a) Juara I memperoleh sertifikat, trofi dan uang training sebesar Rp. 20.000.000,00; (b) Juara II memperoleh sertifikat, trofi dan uang training sebesar Rp. 15.000.000,00; (c) Juara III memperoleh sertifikat, trofi dan uang training sebesar Rp. 10.000.000,00; (d) Juara favorit I memperoleh sertifikat, trofi dan uang training sebesar Rp. 10.000.000,00; (e) Juara impian I memperoleh sertifikat, trofi dan uang training sebesar Rp. 7.000.000,00; dan (f) Juara impian II memperoleh sertifikat, trofi dan uang training sebesar Rp.5.000.000,00.
  4. Perwakilan dari masing-masing pemenang wajib menghadiri penyerahan hadiah yang akan dilaksanakan pada dikala pelaksanaan Santriversary tanggal 21 Oktober 2018 di Bandung
  5. Penyelenggara akan menanggung kemudahan dari masing-masing pemenang sebanyak 2 orang.
Download Formulir Pendaftaran Lomba Video 2018 Festival Video Pendek Santri Milenial

SURAT
SURAT EDARAN FESTIVAL VIDEO PENDEK SANTRI MILENIAL 2018
Jenis
Surat
Jenis File
PDF
Tahun
2018
Penulis
Kemenag
Share This :