Iklan

Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah Ini Penyebabnya

Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah Ini Penyebabnya
Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah Ini Penyebabnya - Thailand yaitu sebuah negara kecil yang terletak di tempat asia tenggara. Negara ini juga menjadi salah satu negara pencetus terbentuknya ASEAN. Melalui perdana menteri ketika itu Thanat Khoman, Thailand menjadi salah satu dari lima negara yang menandatangani Deklarasi Bangkok.

Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah Ini Penyebabnya Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah Ini Penyebabnya


Walaupun terletak di tempat asia tenggara, Thailand merupakan negara yang sangat istemewa. Negara ini merupakan satu-satunya negara yang mengklaim dirinya tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Sehingga Thailand merupakan satu-satunya negara ASEAN yang tidak mempunyai hari kemerdekaan.

Sebagaimana kita tahu, invasi bangsa-bangsa Eropa ke tempat asia (khususnya Asia Tenggara) sangat besar. Hampir seluruh negara yang ada di tempat Asia Tenggara mengalami masa penjajahan. Sumber daya alam yang ada, diambil dan dibawa ke Eropa.

Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah? Mungkin pertanyaan itu muncul di benak kita. Apakah Thailand tidak mempunyai sumber daya alam yang bisa diambil oleh bangsa Eropa? Apakah Thailand mempunyai tentara yang kuat? Ataukah ada alasan lainnya.

Untuk mengetahui penyebab negara Thailand tidak pernah dijajah, bacalah uraian berikut ini.

Berdasarkan sejarah, Thailand memang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa. Namun, Thailand sendiri pernah diserang dan di dudukan oleh Kerajaan Burma dari Myanmar. Dahulu kerajaan ini populer sangat kuat, sehingga bisa menginvasi kerajaan-kerajaan lainnya.

Karena serangan tersebut, Burma berhasil menguasai kota Ayuthayya. Ayuthayya merupakan ibu kota Thailand. Untuk mengembalikan Ayuthayya, Thailand memindahkan ibu kotanya ke Bangkok. Di sana mereka menyusun kekuatan untuk merebut kembali Ayuthayya.

Bagaimana dengan negara Eropa?

Untuk negera Eropa, Thailand memang tidak pernah dijajah. Penyebabnya yaitu alasannya yaitu Kerajaan Thailand sangat terbuka pada bangsa asing. Raja Thailand King Rama V bahkan mengirim keluarganya untuk berguru di eropa. Selain itu, beliau juga meminta masyarakatnya untuk berpakaian separti bangsa-bangsa eropa.

Selain itu, Thailand juga menyewa arsitek-arsitek eropa untuk membangun benteng-benteng pertahanan. Sekitar 14 benteng pertahanan dibangun untuk melindungi Thailand dari serangan musuh-musuhnya. Thailand juga berani membayar tentara Eropa (Portugis dan Belanda) untuk melindungi mereka dari serangan kerajaan-kerajaan di sekitarnya (China dan Burma).

Penyebab lain yaitu alasannya yaitu Negara Thailand pada masa itu menjadi buffer state (perbatasan)wilayah para kolonialis Eropa, antara Inggris di utara dan selatan, Prancis di Indocina dan Belanda di Hindia Belanda.

Demikianlah jawaban Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah. Semoga bisa bermanfaat.
Share This :