Selamat berjumpa sahabat sanjayaops dimanapun berada, pada kesempatan ini, sanjayaops akan ebrbagi warta wacana cara meningkatkan literasi perpustakaan di sekolah dasar. kata kunci untuk review artikel ini yaitu literasi, sekolah dasar. selamat membaca.
Judul : Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD
Link : Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD
Rekomendasi Bacaan
Judul : Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD
Link : Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD
Rekomendasi Bacaan
Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD
Pemanfaatan perpustakaan dan sudut baca sekolah bertujuan untuk meningkatkan kecakapan literasi perpustakaan (library literacy) akseptor didik. Kecakapan literasi perpustakaan meliputi:
- Pengetahuan wacana fungsi perpustakaan sebagai sumber pengetahuan dan koleksi warta yang bermanfaat dan menghibur.
- Kemampuan menentukan materi pustaka yang sesuai jenjang dan minat secara madiri.
- Kemampuan wacana materi pustaka sebagai produk karya penulisan yang diciptakan melalui proses kreatif.
- Pengetahuan wacana adat meminjam materi pustaka dan berkegiatan di perpustakaan.
Alternatif bentuk-bentuk kegiatan untuk meningkatkan literasi perpustakaan sesuai jenjang di SD adalah:
Jenjang SD Kelas Rendah
- Tenaga perpustakaan menjelaskan jenis materi pustaka (buku teks pelajaran, buku panduan pendidik, buku pengayaan, buku refrensi dan sumber berguru lain. hal ini bertujuan biar akseptor didik mengetahui ragam materi pustaka.
- Tenaga perpustakaan menjelaskan cara mncari materi pustaka yang sesuai dengan jenjang akseptor didik melalui beberapa fitur bacaan menyerupai proporsi teks bacaan, jenis buku dan daerah pemajangan buku. Hal ini bertujuan biar akseptor didik mengetahui koleksi perpustakaan yang sesuai dengan jenjang kelasnya.
- Pustakawan atau tenaga perpustakaan memperkenalkan nama penulis buku dan ilustrator saat membacakan buku dan menjelaskan profesi keduanya. Mengadakan jumpa penulis dan ilustrator. akseptor didik menciptakan buku sederhana dan mengilustrasikannya. Hal ini bertujuan biar akseptor didik memahami wacana buku dan proses kreatif pembuatnya.
- Pustakawan atau tenaga perpustakaan menjelaskan adat memakai koleksi buku perpustakaan da beraktivitas di perpustakaan. Hal ini bertujuan biar akseptor didik memahami adat memakai koleksi perpustakaan.
Jenjang SD Kelas Atas
- Pustakawan atau tenaga perpustakaan menjelaskan perbedaan jenis materi pustaka (buku teks pelajaran, buku panduan pendidik, buku pengayaan, buku refrensi dan sumber lainnya. Pustakawan atau tenaga perpustakaan menjelaskan jenis buku bacaan ( buku bergambar, buku berilustrasi, komik, majalah anak, novel anak dll. Pustakawan atau tenaga perpustakaan menjelaskan ragam genre buku bacaan (ceerita rakyat, fabel, fantasi, biografi, dll). Hal ini bertujuan biar akseptor didik SD kelas tinggi sanggup memahami ragam materi pustaka.
- Peserta didik memili materi pustaka yang sesuai jenjang dan minat secara mandiri, hal ini bertujuan biar akseptor didik mengetahui koleksi perpustakaan yang sesuai jenjang. Peserta didik sanggup menentukan buku secara berdikari dengan sumbangan katalog atau sarana temu kembali yang lainnya.
- Peserta didik mengenali nama penulis, ilustrator dan editor buku secara mandiri. Peserta didik mewawancarai penulis, ilustrator dan editor buku untuk mengenal lebih jauh wacana profesi mereka dan proses kreatif pembuat buku.
- peserta didik menciptakan buku bergambar atau berilustrasi atau dongeng pendek, majalah anak, dll secara individual atau kolaboratif. Hal ini bertujuan biar akseptor didik memahami proses kreatif pembuat buku atau materi perpustakaan.
- Pustakawan atau tenaga perpustakaan menjelaskan adat meminjam koleksi perpustakaan dan adat kegiatan perpustakaan. hal ini bertujuan biar akseptor didik memahami adat memakai perpustakaan.
Demikian kegiatan untuk meningkatkan kecakapan literasi perpustakaan di Sekolah Dasar
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga postingan wacana kecakapan literasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya, khususnya Bapak dan Ibu yang berprofesi sebagai guru dan tenaga kependidikan di SD. Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD. Link artikel ini yaitu https://julianrade.blogspot.com//search?q=kegiatan-literasi-perpustakaan.
comment 0 comments
more_vert