Silabus Kelas 3 Revisi 2018 - Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan salah satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan sebagaimana yang ditetapkan dalam Pasal 35 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional.
Pengertian Standar Kompetensi Lulusan yaitu kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Berdasarkan Permendikbud No 24 tahun 2016, pengertian Kompetensi Inti (KI) yaitu tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang akseptor didik pada setiap tingkat kelas. Kompetensi inti meliputi didalamnya yaitu huruf akseptor didik sebagai ruh dari proses pendidikan dan pembelajaran. Sedangkan Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan dan bahan pembelajaran minimal yang harus dicapai akseptor didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Penguatan pendidikan huruf secara terintegrasi ada pada jabaran KD suatu mata pelajaran. Untuk memudahkan pencapaian KD dalam pembelajaran, maka diberikan penanda yang berupa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK).
Kemampuan guru dalam memahami SKL, KI, KD, dan IPK menjadi prasyarat untuk mendesain contoh pembelajaran yang sistematis dalam bentuk silabus. Harapannya, guru bisa menerjemahkan silabus lebih operasional dalam bentuk RPP.
Saat ini telah disedikan contoh silabus yang sanggup dijadikan sebagai salah satu sumber inspirasi. Guru diperlukan bisa berbagi silabus dengan lebih kreatif memperhatikan kebutuhan akseptor didik dan daya dukung yang ada. Secara khusus, Guru perlu difasilitasi dengan kemampuan dalam mengintegrasikan penguatan huruf akseptor didik.
Nilai-nilai yang sanggup dikuatkan yaitu 5 (lima) nilai utama huruf yang terdiri dari Nilai Religiusitas, diantaranya: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan setelah beraktivitas, dsb. Nilai Nasionalisme, diantaranya: cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban, taat hukum, dsb. Nilai Kemandirian, diantaranya: disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, pembelajar sepanjang hayat, dsb. Nilai Gotong Royong, diantaranya: suka menolong, bekerjasama, peduli sesama, toleransi, peduli lingkungan, kebersihan dan kerapian, kekeluargaan, aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, dsb. Nilai Integritas, diantaranya: jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji, anti korupsi, dsb.
Penguatan nilai tersebut sanggup dilakukan melalui kegiatan penguatan pendidikan huruf berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Diantara penguatan pendidikan huruf berbasis budaya sekolah yaitu kegiatan literasi, sedangkan diantara penguatan pendidikan huruf berbasis kelas yaitu pembelajaran tematik yang memakai kompetensi era 21, terutama 4C yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kerja sama (collaboration), kreativitas (creativity), dan komunikasi (communication) -serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS).
Berikut ini merupakan Silabus Kelas 3 Revisi 2018
PERANGKAT | |||
SILABUS KELAS 3 REVISI 2018 | |||
Jenis | Silabus | Jenis File | Word |
Tahun | 2018 | Penulis | - |
Share This :
comment 0 comments
more_vert